Jumat, 13 April 2012

TENTANG CLODI*ABOUT CLODI






Apa Itu Clodi ?*What is Clodi?

Pernahkan kalian mendengar istilah Clodi? Untuk yang pertama kali mendengarnya pasti tidak tahu apa itu Clodi. Clodi atau Cloth Diaper adalah Popok kain modern yang memiliki fungsi yang sama dengan Dispospak (Disposable sekali pakai, yang dibuang setelah diapakai) perbedaannya, kalau dispospak memakai gel dan kertas untuk materialnya Clodi terbuat dari beberapa jenis material kain yang memiliki fungsi tersendiri, yaitu cepat kering untuk material permukaan yang bersentuhan dengan kulit, bahan bamboo atau Microfiber atau Hemp untuk bahan penyerap ompol atau insert. Dan waterproof atau anti bocor material untuk lapisan luar dari Clodi.

Have you ever heard about Clodi? Clodi that stands for Cloth diaper is a modern cloth diaper that can be used for babies or adult and can be rewashed and reused. The differences between Clodi and Dispospak is at the materials, whereas, Dispospak is made of Gel and Paper and Clodi is made of clothing materials, like Pul for the waterproof cover, Bamboo, Microfiber and Hemp materials for the inserts. Quick dry materials for the surface of the Clodi’s cover.

Kenapa Kita memakai Clodi? Apa keuntungan memakai Clodi?
*Why our babies suppose to wear it? Any benefits on it?

  • Gel material Dispospak sedikit banyak mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya bagi kesehatan, dengan menggunakan popok kain yang secara teratur kita ganti maka kita sudah mengurangi resiko berbahaya akibat gel ini. (ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dispospak memiliki andil atas masalah kesuburan pada anak lelaki-silahkan searching di internet) *Some research said that Dispospak’s gels has some bad impacts on the reproduction organ of our babies, we can avoid the impacts by using the Clodi
  • Pemakaian Clodi berdampak baik bagi lingkungan, karena kita sudah mengurangi sampah yang kita buang ke sekitar kita *We can reduce the Dispospak garbage as we use Clodi. It will be good for the environment.
  • Popok kain adalah investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan, karena berfungsi sama seperti baju, yang bisa dipakai kembali dan saat anak kita sudah tidak memerlukannya lagi bisa diberikan pada kerabat atau adiknya yang lebih memerlukan, bahkan, kalau kita bisa merawatnya dengan baik, kita bisa menjual clodi ini kembali. * Clodi good for long term investment, as we can use it again with our other babies, or giving it to friends or sale it again (it can be sale as far as its in a good condition)

Cara Memakai Clodi? *How to wear Clodi?

Untuk pocket diaper seperti QQ Clodi, kita tinggal memasukkan insert ke dalam cover Clodi, kemudian menyetel ukurannya agar pas di bayi kita (penyetelannya dengan cara memasang kancing dengan jarak yang sesuai), setelah itu Clodi siap dipakaikan ke anak kita.  Saat insertnya sudah penuh namun cover Clodi masih bersih, cover ini bisa dipakai kembali, kita bisa mengganti insertnya saja dan memakai cover kembali.

In wearing pocket diapers like QQ Clodi, we can just adjust the snap into be a size that we wish (S,M,L) then we put the insert and its ready to be wear. When the insert full, we can just replace the insert and use the clean cover with new insert again.

Untuk pemakaian pertama kali sebaiknya clodi dicuci dahulu (istilahnya prewash) minimal sebanyak 3 kali karena semakin sering dicuci insert akan lebih optimal daya serapnya.

For a new clodi, better do prewash at least 3 times to optimize the absorbent of the insert.

Cara mencuci Clodi? *How to wash it?

Saat mencuci Clodi, kita bersihkan dulu kotoran yang menempel dengan membilasnya, kemudian mulai dicuci dengan ½ takaran sabun yang dianjurkan. Karena Clodi memerlukan sedikit sabun, terlalu banyak sabun akibatnya kurang bagus bagi Clodi.

When you wash your Clodi, first rinsing it then put soap ½ of recommended dosage,a s too much soap not good for the clodi.

Saat anak kita buang air besar di Clodi, kita tidak usah menyikatnya agar bersih cukup dengan menyemprotkan air yang deras dan keras disertai dengan sedikit pengucekan maka kotoran akan hanyut dengan sendirinya, setelah itu Clodi bisa dicuci dengan sabun khusus pencuci clodi atau bisa juga dengan sabun deterjen biasa, dengan catatan sabun ini tidak mengandung pemutih, pelembut ataupun pewangi karena akan merusak daya serap Clodi.

When our babies pup at the Clodi, we can wash it by rinsing it under a heavy tap water, and the pup will disappear, hmm.like a magic. Regarding the soap to wash the Clodi, please take a note that the soap may not be with softener, whitener, or parfumed.

Pencucian dengan mesin cuci diperbolehkan, setelah bersih dari kotoran Clodi bisa dimasukkan ke mesin cuci, namun saat pencucian sebaiknya memakai laundry net agar karet clodi lebih tahan lama. Penyetrikaaan juga tidak boleh dilakukan pada Clodi sama halnya dengan krim-krim tertentu, misalnya krim anti ruam sebaiknya jangan dipakaikan saat bayi kita mengenakan Clodi, karena akan tertinggal di Clodi dan bisa merusak daya serapnya.

If you wish to wash the clodi at washing machine, do not worry, it can be done, but better use something like laundry net to protect the clodi. Please also do not iron it. If your baby needs to use rash cream, please do not use it while wearing clodi, as it will disturb the absorbent.

Untuk pengeringannya, sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari.

After simply dry at the washing machine, we better dry it under the sun.

Cara mengatasi Bau Membandel pada Clodi?*How to drive the stinky out of the Clodi?

  • Tambahkan soda kue pada pembilasan awal untuk menghilangkan noda dan bau tidak sedap *Baking soda at the first rinse is effective to the stinky
  • Gunakan ½ - 1 cangkir cuka putih pada pembilasan akhir untuk melembutkan popok kain dan untuk menghilangkan bau tidak sedap *1/2 – 1 cup of white vinegar at the last rinse is also effective to reduce the stinky and to make the clodi be softer
  • Untuk menghilangkan Noda, beberapa Ibu-Ibu menyarankan untuk menggunakan ½ cangkir air lemon. Mungkin bisa dicoba pula.   * Some moms, recommend ½ cup of lemon water to clean the clodi’s spot.